Rabu, 26 Juni 2013

DANAU ACO, Linggang Melapeh Kutai Barat


Mungkin anda pernah mendengar nama KUTAI BARAT? Dimana itu? Oke mari kita bahas tentang KUTAI BARAT kususnya di bidang pariwisata. Kutai barat adalah sebuah kabupaten yang terbilang baru di kalimantan timur merupakan kabupaten hasil pemekaran dari kutai kartanegara, sebuah kabupaten baru yang tentunya saatnya ini termasuk kedalam kabupaten yang sedang berkembang pesat disegala sektor. Namun taukah anda bahwa sebagai kabupaten yang sedang berkembang tentunya banyak sektor yang  memiliki potensi yang belum dikembangkan potensinya, salah satunya adalah beberapa tempat wisata yang sungguh sayang jika kita lewatkan jika tidak dikunjungi jikalau anda sedang berada dikutai barat,.
Danau Aco (dari bibir kawah/danau)
Beberapa tempat wisata itu diantanya adalah DANAU ACO yang bereda di wilayah Kampung Linggang Melapeh Kecamatan Linggang Bigung. DANAU ACO, Danau ini tepat berada di Bukit Aco, yang termasuk kedalam wilayah Kampung Linggang Melapeh, jika dilihat dari struktur tanah dan juga bentuk danau serta letaknya yang berada tepat  diatas bukit  dan berbentuk seperti  wajan diduga danau ini dulu merupakan hasil dari letusan gunung berapi beberapa juta tahun yang lalu, namun itu hanya dugaan sementara karena belum ada pembuktian tentang masalah ini. Dan juga teori ini sedikit diragukan karena sejauh ini belum ditemukan bekas ataupun gunung berapai  yang masih aktif di pulau kalimantan. namun lain lagi menurut cerita masyarakat setempat, menurut mitos yang beredar dimasyarakat, terjadinya danau ini dahulunya diakibatkan oleh suatu proses ‘KILIT’ dimana kejadian ini merupakan murka alam terhadap sekelompok masyarakat yang melakukan kesalahan fatal terhadap alam dan menyebabkan  alam murka, sehingga alam mengamuk dan menimbulkan badai yang luarbiasa dan merubah pemukiman penduduk masa itu yang bedara di posisi danau ACO saat ini menjadi danau.


Terlepas dari itu semua, danau Aco memiliki segalanya yang dibutuhkan sebagai tempat wisata, kondisi hutan hujan tropis yang masih terjaga keasliaannya mengitari danau ini, cuaca tropis yang sangat kental di wilayah Kutai Barat menyebabkan wilayah sekitar danau menjadi habitat yang tepat untuk flora dan fauna sehingga jika anda berkunjung kesini akan menjumpai beraneka ragam spesies baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan khas tropik.


Untuk akses menuju danau untuk saat ini sudah sangat baik, janan dari kampung Linggang Melapeh hinggu puncak Bukit Aco sudah diaspal sehingga danau bisa di kunjungi kapan saja kecuali listri untuk saat ini belum tersedia, pihak terkait pun sedang melakukan renovasi disekitar danau guna menunjang akses wisata danau...

Berikut beberapa poto dari danau dan sekitarnya



bagian tepi Danau


Danau tampak dari pinggir


pemandangan dari atas Bukit












suasana senja Di Danau




tumbuhan di pesisir danau



danau tampak dari sudut pandang barat

beberapa pengunjung yang sedang berenang

katak asia bertanduk


bunga di pesisir danau

Demikianlah sekilas tentang tempat wisata Danau Aco, samapai jumpa pada postingan berikutnya.
salam penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label