Selasa, 19 Februari 2013

SYARAT TUMBUH TANAMAN MELON

SYARAT TUMBUH TANAMAN MELON - Budidaya Petani. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai syarat tumbuh tanaman Melon.
 
Iklim Yang Cocok Untuk Budidaya Tanaman Melon.
  1. Angin yg bertiup cukup keras dapat merusak pertanaman melon, dapat mematahkan tangkai daun, tangkai buah & batang tanaman.
  2. Hujan yg terus menerus akan menggugurkan calon buah yg sudah terbentuk & dapat pula menjadikan kondisi lingkungan yg menguntungkan bagi patogen. Saat tanaman melon menjelang panen, akan mengurangi kadar gula dalam buah.
  3. Tanaman melon memerlukan penyinaran matahari penuh selama pertumbuhannya.
  4. Tanaman melon memerlukan suhu yg sejuk & kering untuk pertumbuhannya. Suhu pertumbuhan untuk tanam melon antara 25–30 derajat C. Tanaman melon tidak dapat tumbuh apabila kurang dari 18 derajat C.
  5. Kelembaban udara secara tidak langsung mempengaruhi pertumbuhan tanaman melon. Dalam kelembaban yg tinggi tanaman melon mudah diserang penyakit.
  1. Tanah yg baik untuk budidaya tanaman melon ialah tanah liat berpasir yg banyak mengandung bahan organik untuk memudahkan akar tanaman melon berkembang. Tanaman melon tidak menyukai tanah yg terlalu basah.
  2. Tanaman melon akan tumbuh baik apabila pH-nya 5,8–7,2.
  3. Tanaman melon pada dasarnya membutuhkan air yg cukup banyak. Tetapi, sebaiknya air itu berasal dari irigasi, bukan dari air hujan.
  • Tanaman melon dapat tumbuh dengan cukup baik pada ketinggian 300–900 meter dpl. Apabila ketinggian lebih dari 900 meter dpl tanaman tidak berproduksi dengan optimal. Baca Selengkapnya tentang Budidaya Buah Melon melalui Link Berikut >> Budidaya Buah Melon
Demikian artikel tentang  SYARAT TUMBUH TANAMAN MELON, semoga bermanfaat.
http://budidaya-petani.blogspot.com/2013/02/syarat-tumbuh-tanaman-melon.html

Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label