Rabu, 22 Agustus 2012

Hama dan Penyakit Tanaman Kedondong

Hama dan Penyakit Tanaman Kedondong- Budidaya Petani. Untuk hama dan penyakit pohon kedondong ada yang berbentuk ulat, kumbang dll. Berikut inia dalah Hama dan Penyakit Tanaman Kedondong di blog ini

A. Hama
  • Ulat Perusak Daun. Ciri-ciri ulat ini adalah berwarna hitam dengan bintik putih dan bulunya berwarna berwarna putih, kepala dan perut berwarna merah-cerah. Panjang ulat sekitar 60 mm, dan pupanya berada di dalam kokon berwarna emas dan sering dijumpai bergerombol pada daun. Kupu betina berwarna coklat dengan rentangan sayap sekitar 75 mm. Telur berwarna putih keabu-abuan yang diletakkan secara berderet pada tepi daun atau cabang. Pengendaliannya adalah secara alami populasinya dan penyemprotan insektisida.
  • Kumbang. Ciri-cirinya adl kumbang berukuran besar, dengan kaki berwarna kuning. Sayapnya dengan 8 bintik gelap, panjang 10-12 mm. Pupa berada dalam tanah. Dewasanya bila terganggu akan menjatuhkan diri ke tanah. Telur berukuran 1,6 mm yang diletakkan pada permukaan bawah daun dan tertutup oleh substansi gelap. Betina hidupnya sekitar 3 bulan dan menghasilkan telur sekitar 500 butir. Perkembangannya 38-42 hari. Musuh alaminya berupa parasit telur Ooencyrtus podontiae. Pengendalian: populasinya secara alami dan penyemprotan insektisida.
B. Penyakit
  • Jenis penyakit yang sering muncul ialah penyakit kulit (Phytopthora), Fusarium, Diplodia, Gloeosporium, Phoma, dll yang disebabkan oleh cendawan, bakteri atau virus. Pengendalian: menggunakan fungisida zat-zat aditif lainnya seperti bubur bordo dan bubur belerang.
C. Gulma
  • Untuk alang-alang, rumput-rumputan, benalu dan lainnya pemberantasannya dilakukan dengan manual yaitu penyiangan dan dapat pula menggunakan herbisida. 
Demikian artikel tentang  Hama dan Penyakit Tanaman Kedondong , dan semoga bermanfaat.

baca juga artikel lainnya dengan judul 
Cara Budidaya Kedondong 
Cara Memelihara dan Merawat Pohon Kedondong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label