Kamis, 07 Februari 2013

Musiran profil petani berprestasi

Keberhasilan adalah buah dari kerja keras, kesetiaan, keuletan dan belajar dari kesalahan. Kata-kata ini mungkin pas untuk menggambarkan keberhasilan Musiran, pria 60 tahun dan ayah dari 2 putera, dalam menggeluti usaha berternak bebek. Pada awal terjun beternak bebek, dia adalah satu-satunya peternak bebek didesanya. Sekarang setelah terbukti bebek bisa menjadi sumber penghasilan yang menggiurkan, saudara dan tetangga pun mulai ikut beternak bebek. Bahkan sebuah kelompok peternak bebek terbentuk. Gurun Sahara adalah kelompok peternak bebek yang menjadi wadah kegiatan peternak bebek di dusun Bogoran Trirenggo Bantul dan sekitarnya, dimana Musiran dipercaya sebagai ketua.


Musiran mengawali langkah dengan 100 ekor bebek, yang dipelihara dengan cara tradisional. Setiap pagi dan sore bebek digembalakan di persawahan, tak jarang sampai ke luar desa mengikuti waktu panen. Kini tak kurang 2000 ekor bebek dipelihara, dengan cara intensif dalam kandang seluas 1000 m2. Dulu, Musiran memetik hasil beternak bebek dari penjualan telur. Sekarang, seiring bertambahnya pengalaman dan kejelian melihat peluang, telur-telur yang dihasilkan ditetaskan sendiri menggunakan mesin tetas sederhana sehingga melipat gandakan hasil. Dengan menjual DOD keuntungan bisa mencapai 3x lipat dibandingkan menjual telur. Mesin tetas yang digunakan adalah mesin tetas sederhana buatan sendiri. Sedangkan bebek induk adalah bebek Turi atau bebek Metaram, bebek lokal unggul dari Bantul.

Pengalaman Musiran beternak bebek diakui secara lokal sampai nasional. Dia pernah menyandang predikat juara I peternak berprestasi Daerah Istimewa Jogjakarta, tahun 2007. Peringkat 8 peternak berprestasi tingkat Nasional, tahun 2007. Secara materi, Musiran mampu menghidupi keluarga dari beternak bebek. Kandang seluas 1000 m2 yang sekarang digunakan sebagai 'kantor' beternak bebek juga murni hasil bebek. Selain itu Musiran mampu membiayai sekolah anaknya sampai bergelar sarjana. Bahkan keinginannya berhaji bersama keluarga sudah terlaksana tahun 2011.

Semoga tulisan ini mampu memotivasi peternak bebek untuk terus berkarya. Dengan modal keuletan, ketelatenan dan kerja keras, beternak bebek bisa dijadikan sumber penghasilan yang cukup.

    Nama :
  • Musiran
    Pekerjaan :
  • peternak bebek,
  • ketua kelompok peternak bebek "Gurun Sahara"
    Alamat :
  • Bogoran rt 01, Trirenggo, Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta 55714
    Kontak :
  • 087838181776,
  • 0894646776,
  • 02746671705

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label