Jumat, 29 Maret 2013

PELUANG USAHA BUDIDAYA TANAMAN HIAS

Budidaya tanaman hias menjadi salah satu peluang usaha. Bila dilakukan secara serius dan talaten, tidak menutup kemungkinan budidaya tanaman hias justru menjadi usaha sampingan yang memberi peluang penghasilan jauh lebih besar dibanding penghasilan utama sebagai pegawai misalnya. Namun tentu saja untuk meraup keuntungan seperti itu, budidaya tanaman hias tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Berbagai persoalan teknis dan non teknis kerap menghadang, seperti juga dalam kewirausahaan secara umum.

Ketika anda akan melakukan Budidaya tanaman hias, sebaiknya memang dilakukan di dalam sebuah pot sehingga tidak membutuhkan ketersediaan lahan yang luas. Karena budidaya tanaman hias ini dilakukan di dalam pot, cara pembudidayaannya berbeda dengan tanaman di halaman atau lahan. Melakukan budidaya tanaman hias tidak lepas dari media tanam. Media tanam merupakan komponen utama untuk bercocok tanam sehingga sebuah media tanam yang akan digunakan harus sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam. Kesesuaian media tanam dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan memang akan menentukan keberhasilan pertumbuhan tanaman itu sendiri.

Bila memang serius untuk memulai budidaya tanaman hias, sebaiknya dimulai dengan tanaman yang tidak terlalu sensitif dan memerlukan perhatian khusus. Artinya memulai sesuatu dari yang mudah diharapkan akan membelaki pengalaman yang baik. Seiring dengan bertambahnya pengalaman tersebut itulah Anda bisa memulai dengan budidaya yang lebih sulit, sehingga kalaupun memerlukan perhatian yang lebih, Anda telah memiliki pengalaman. Tahap-tahapan itulah yang diperlukan agar budidaya tanaman hias yang Anda lebih berhasil.

Selain itu penambahan pengetahuan juga bisa dilakukan dengan membaca buku yang memang banyak tersedia. Bertukar pengalaman dengan pembudidaya tanaman hias lain juga sangat diperlukan. Memang benar bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Demikian pula dengan cara budidaya tanaman hias ini, berbagi pengalaman jauh lebih menguntungkan karena langsung terfokus pada masalah-masalah yang sering terjadi di lapangan, bukan hanya sekedar bertumpu pada teori.
Metode mudah budidaya tanaman hias

Karakteristik Media Tanam

Agar hasilnya bagus, sebaiknya penggemar tanaman hias mengenal karakteristik media tanam yang bisa jadi berbeda-beda dari setiap jenisnya. Hal ini mengingat masing-masing tanaman memang memiliki karakter yang berbeda. Kesuaian antara media tanaman dengan jenis tanaman, memberi peluang lebih besar untuk pertumbuhan tanaman hias secara normal. Sejauh ini memang ada dua jenis media tanam yaitu bahan organik dan anorganik. Keduanya tentu saja memiliki perbedaan.

Bahan Organik
Yang termasuk dalam kategori bahan organik umumnya dari organisme makhluk hidup, seperti daun, batang, buah, dan lain-lain. Kelebihan bahan organik adalah mengandung unsur hara yang sangat diperlukan tanaman. Bahan organik memiliki pori-pori makro dan mikro yang hampir seimbang sehingga sirkulasi udara cukup baik. Beberapa jenis bahan organik yang dapat dijadikan media tanam, di antaranya arang, cacahan, kompos, moss, sabut kelapa, pupuk kandang, dan humus.

Bahan Anorganik
Bahan anorganik adalah bahan yang memiliki kandungan unsur mineral tinggi dari pelapukan batuan induk di dalam bumi. Beberapa bahan anorganik yang biasa dijadikan media tanam adalah gel, pasir, batu, kerikil, spons, pecahan batu-batu, dan lain-lain.

Setelah mengetahui karakteristik media taman, yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanam. Media tanam bisa didapatkan dengan membeli ataupun membuat sendiri. Namun tentu saja kalau memilih yang praktis lebih baik membeli karena harganya pun tidak terlalu mahal.

Sebenarnya yang harus diperhatikan bukan jenis media tanam melainkan bagaimana mencari kesesuaian antara jenis media tanam dengan jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Seperti telah disebutkan sebelumnya, kesesuaian antara media tanaman dengan jenis tanaman inilah yang akan memungkinkan sebuah tanaman akan tumbuh dengan baik. Selain itu setelah menentukan media tanaman yang paling sesuai dengan jenis tanaman yang dipilih, hal lain yang perlu diperhatikan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik adalah pemeliharaan pasca penanaman.

Demikan artikel metode mudah budidaya tanaman hias. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label