Kamis, 07 Maret 2013

SYARAT PERTUMBUHAN KUNYIT

SYARAT PERTUMBUHAN KUNYIT - Budidaya Petani. Berikut adalah syarat tumbuh tanaman kunyit yang meliputi iklim yang cocok untuk budidaya kunyit, media tanam kunyit dan ketinggian tempat yang cocok untuk memelihara kunyit.
 
Iklim untuk budidaya kunyit
  • Tanaman kunyit dapat tumbuh baik pada daerah yang memiliki intensitas cahaya penuh atau sedang, sehingga tanaman ini sangat baik hidup pada tempat-tempat terbuka atau sedikit naungan.
  • Pertumbuhan terbaik dicapai pada daerah yang memiliki curah hujan 1000-4000 mm/tahun. Bila ditanam di daerah curah hujan < 1000 mm/tahun, maka system pengairan harus diusahakan cukup & tertata baik. Budidaya Kunyit dpt dibudidayakan sepanjang tahun. Pertumbuhan yang paling baik adalah pada penanaman awal musim hujan.
  • Suhu udara yang optimum bagi tanaman ini antara 19-30°C.
Media Tanam
  • Kunyit tumbuh subur pada tanah gembur, pada tanah yang dicangkul dgn baik akan menghasilkan umbi yang berlimpah.
  • Jenis tanah yang diinginkan adalah tanah ringan dgn bahan organik tinggi, tanah lempung berpasir yang terbebas dari genangan air/sedikit basa.
Ketinggian Tempat
  • Kunyit tumbuh baik di dataran rendah (mulai < 240 m dpl) sampai dataran tinggi (> 2000 m dpl). Produksi optimal + 12 ton/ha dicapai pada ketinggian 45 m dpl. [Baca Selengkapnya tentang Budidaya Tanaman Kunyit di >> Cara Budidaya Tanaman Kunyit Lengkap
Demikian artikel tentang Syarat tumbuh tanaman kunyit, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label